Vigbar merupakan produk snack bar berbahan dasar kacang tunggak, buah kurma dan murbei, sedangkan vigmilk adalah minuman sari kacang tunggak. Tidak banyak yang tahu manfaat dari bahan-bahan tersebut dan seberapa pentingkah perlunya pengembangan produk tersebut.

Anis Dwi Rahmawati beserta pembimbing, bapak Ristiyono CM, SP
Anis Dwi Rahmawati, peserta LKS Jatim 2023 bidang food technology berbagi pengalaman dalam hal tersebut yang dirangkum jurnalis smknkudu.sch.id dibawah ini.
Stunting pada anak telah menjadi masalah masalah gizi nasional yang cukup berat, dikarenakan masalah gizi ini akan memiliki dampak jangka panjang terhadap sumber daya manusia di Indonesia di masa yang akan datang. Pada tahun 2021, WHO mencatat 22,9% anak di Indinesia mengalami stunting. Stunting disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi jangka panjang dimulai dari semenjak dalam kandungan terutama protein dan zat besi. Kacang-kacangan dan buah-buahan adalah sumber nutrisi yang baik bagi anak maupun ibu hamil untuk mencegah stunting pada anak. Pengembangan produk berupa snackbar dari kacang-kacangan dan buahbuahan menjadi produk pangan dapat menjadi salah satu upaya untuk penyedia nutrisi tersebut.
Kacang tunggak adalah salah satu jenis kacang-kacangan di Indonesia yang mengandung protein yang tinggi nomor 2 setelah kedelai, selain itu juga mengandung kandungan zat gizi lain yang diperlukan untuk tubuh seperti zat besi, fosfor, kalium, kalsium, zink, vitamin B1, vitamin C, dan magnesium.
Buah kurma kaya akan protein, serat, gula, vitamin A dan C, serta mineral seperti besi, kalsium, sodium, dan kalium. Buah kurma dapat bermanfaat bagi penderita anemia, karena kandungan zat besinya dapat meningkatkan Hb. Buah murbei mengandung aneka vitamin seperti A, B1, B2 dan C, gula, mineral serta kaya akan antioksidan.

Presentasi makalah di depan dewan juri
Kacang tunggak dapat diolah menjadi tepung kacang tunggak dengan kulit, yang mempunyai rendemen 90%. Pemanfaatan tepung kacang tunggak, buah kurma dan murbei menjadi bahan pembuatan snackbar, menghasilkan produk snackbar “Vigbar” dan minuman sari kacang tunggak “Vigmilk”. Vigbar mempunyai karakteristik berwarna kecoklatan, tekstur padat, rasa manis, aroma gurih khas kacang tunggak, kenampakan seragam. Sedangkan minuman “Vigmilk “ mempunyai karakteristik warna kecoklatan, rasa manis, gurih khas kacang tunggak, serta aroma khas kacang tunggak serta bertekstur kental.

Tampilan PPT
Produksi Vigbar dan Vigmilk dapat dikembangkan karena dari perhitungan analisis biayanya didapat R/C rationya yang lebih dari 1. Nilainya secara berurutan yaitu 1,39 dan 1,24. Produk snackbar “Vigbar” dan sari kacang tunggak “Vigmilk” menjadi upaya untuk meningkatkan konsumsi nutrisi pada anak sehingga stunting dapat dicegah.
(admin/zen)